Rabu, 30 Juli 2008

Capres tua atw capres muda

celotehan ini di inspirasikan oleh Acara debat di tv one rabu 30 juli 2008.
debat hari ini bertema ttg Cappres tua atw cappres muda. dan debater nya dari Partai Demokrasi Indonesia perjuangan dan Partai Keadilan Sejahtera.

setelah menonton banyak hal yg timbul dipikiran saya mengenai tema debat ini, sehingga saya menanggapinya dengan beberapa hal:
  1. melihat pada sejarah, maka kita akan melihat kenyataan bahwa banyak pemimpin besar dunia yg mulai memimpin suatu bangsa di usia yang muda. kita ambil beberapa contoh: Rasullah Muhammad SWA memimpin di usia 40 tahun, Ir. Soekarno di usia 44 tahun, Napoleon Bonaparte di usia 35 tahun, HM Soeharto di usia 46 tahun, John F Kennedy di usia 44 tahun. dan masih banyak lagi tokoh2 besar yg memimpin di usia muda. bahkan seorang adolf hitler berkuasa di usai 45 tahun.
  2. melihat dari sisi geografis, maka luas NKRI memiiki luas sebesar 1.919.440 kilometer persegi dan jumlah penduduk yg berkisar dari 238 juta orang.
  3. bila pemimpin yg pernah memimpin namun gagal yg memimpin, mengapa bukan Seorang Pak Harto atau Bung Karno saja. atau seorang bapak BJ Habibie saja yg banyak membawa perubahan yg kita mohonkan menjadi pemimpin?

bila kita hanya berkaca pada 3 hal itu maka kita secara singkat akan berfikiran bahwa pemimpin yg pantas memimpin bangsa ini ada lah orang muda.

tetapi bangsa ini bukan hanya akan dibangun berdasarkan sejarah maupun luas wilayah. sehingga sangat tidak pantas kita mendiskriminasikan orang tua untuk tidak memimpin. karena pemimpin yg baik itu bukan masalah orang tua atau muda tetapi sangat dibutuhkan politisi yg amatir terhadap negeri ini yg dapat membangun bangsa ini. mengapa seorang amatir karena hanya orang amatir sajalah yg mencintai pekerjaannya dan bila pemimpin itu telah menjadi profesional maka ia akan menganggap pekerjaannya menjadi ladang mencari uang untuknya. sehingga saya dapat menyatakan bahwa saya rindu pemimpin amatiran yg mampu memimpin bangsa ini.

Tidak ada komentar: